Minggu, 05 Juni 2011

Masakan Jepang

Jepang adalah sebuah Negara yang terletak di asia timur, jepang memiliki berbagai macam kelebihan dan keunikan ,salah satunya adalah makanan dimana setiap orang sudah mengenal makanan khas jepang seperti sushi ,yakiniku ,ramen dll.tapi dari semua makanan jepang yang kita kenal tidak semuanya berasal dari jepang. Masakan Jepang sering merupakan perpaduan dari berbagai bahan makanan dan masakan dari berbagai negara. Parutan lobak yang dicampur saus sewaktu memakan bistik atau hamburg steak, dan salad dengan dressing parutan lobak merupakan contoh perpaduan makanan Barat dengan penyedap khas Jepang. Saus spaghetti yang dicampur mentaiko, tarako, natto, daun shiso atau umeboshi merupakan contoh makanan Barat yang dinikmati bersama bahan makanan yang memiliki rasa yang sudah akrab dengan lidah orang Jepang. Bistik dengan parutan lobak sebenarnya tidak dapat disebut sebagai makanan Jepang melainkan bistik ala Jepang.

beberapa jenis makanan sulit digolongkan sebagai makanan Jepang karena merupakan campuran antara makanan Jepang dan makanan asing:
Makanan Barat yang dicampur bahan makanan yang unik Jepang, seperti sarada udon (salad adalah makanan Barat tapi dicampur udon yang khas Jepang), kari, dan anpan (roti berasal dari Barat berisi ogura yang khas Jepang).
Makanan khas Jepang yang berasal dari luar negeri tapi dibuat dengan resep yang sudah diubah sesuai selera lokal, seperti ramen dan gyōza.
Makanan yang berdasarkan bahan dan cara memasak sulit diputuskan harus dimasukkan ke dalam kategori makanan Barat atau makanan Jepang, misalnya pork ginger dan butashōgayaki keduanya menunjuk pada makanan yang sama.
Masakan di jepang dapat di bagi 2 kategori:
1. makanan asli
2. makanan tiruan (hanya di modifikasi)


contoh masakan jepang aslinya yaitu:
Onigiri
Nasi berbumbu cuka
Sushi
Oshizushi
Bubur (okayu), bubur dari nasi (zōsui atau ojiya)
Ochazuke
Takikomigohan (nasi yang ditanak dengan sedikit lauk)
Donburi
Kakegohan (nasi yang dituangi sesuatu)
Mochi dan dango
Makanan berkuah (shirumono)
Sup miso
Sumashijiru (suimono)
Sashimi
Tessa (sashimi ikan fugu)
Tataki (potongan besar ikan yang digarang dengan api besar, matang di bagian luar, mentah di bagian dalam)
Mi: udon, soba, sōmen
Nabe: oden, mizudaki, shabu-shabu, sukiyaki,
Makanan goreng: tempura, satsuma-age, kakiage, karaage
Makanan panggang: ikan panggang, teriyaki, yakitori, kabayaki
Nimono: nikujaga, kinpira
Makanan kukus: chawanmushi, sakamushi (tumis dengan sake)
dll


Contoh masakan tiruan (modifikasi) yaitu:
Nasi kari (curry rice)
ebi furai, tonkatsu, dan kroket (goreng-gorengan dengan tepung)
Hayashi rice
spaghetti bumbu saus tomat
Yakiniku
Yakisoba
Ramen
dll
Negara jepang adalah Negara yang penuh dengan kreatifitas yang cukup tinggi,dari hal kecil seperti makanan saja mereka dapat memberi sentuhan berbeda alias di modif (bukan membajak total) dan seolah-olah makanan tersebut berasal dari jepang .bagaimana dengan Negara kita Indonesia yang tidak bisa memodifikasi tapi bisanya membajak saja (jangan marah ya he..he..he…).andaikan indonesia bisa seperti jepang ,tidak mustahil indonesia akan jadi Negara maju bukan berkembang lagi serta akan ditakuti oleh Negara Negara lain dan tidak dianggap remeh betul tidak??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar